Table of Content

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap tahun 2020 yang kami publish kali ini, berisikan soal-soal antropologi dalam bentuk pilihan ganda dan essay (40 PG + 5 essai) yang diambil dari USBN tahun sebelumnya. Tentunya ini sangat cocok untuk jadikan referensi belajar menghadapi USBN Antropologi 2019/2020.

Berikut dibawah ini, soal antropologi dilengkapi dengan kunci jawaban untuk siswa SMA dimulai dari pertanyaan yang pertama.......

1. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Pertunjukan Ketoprak, khas dari daerah Jawa Tengah merupakan jenis budaya....
A. Budaya lokal
B. Budaya asing
C. Budaya nasional
D. Budaya campuran
E. Budaya yang hampir punah
Jawaban: A

2. Perhatikan bagan sistem organisasi berikut!

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap
Sistem kekerabatan suku Batak yang benar adalah.....
A. No. 1
B. No. 2
C. No. 3
D. No. 4
E. No. 5
Jawaban: D

3. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap
Masuknya gaya rambut “Qaza dan Mohawk” pada kalangan muda tanpa disadari merupakan contoh..
A. Symbiotic
B. Penetration autentic
C. Penetration pasifique
D. Penetration violence
E. Penetration atlantique
Jawaban: C

4. Integrasi nasional merupakan proses penyatuan kelompok yang berbeda secara sosial dan budaya ke dalam kesatuan teritorial tunggal dan satu identitas nasional. Salah satu faktor pendorong terjadinya integrasi nasional di Indonesia adalah...
A. Sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928
B. Sikap fanatisme suatu daerah
C. Gerakan separatisme
D. Sistem sentralisme dalam pemerintahan
E. Hilangnya rasa bangga sebagai sebuah bangsa
Jawaban: A

5. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap
Gambar diatas merupakan salah satu seni di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya.....
A. Hindu
B. Buddha
C. Islam
D. Eropa
E. Cina
Jawaban: E

6. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Masjid yang berbentuk seperti Klenteng ini bernama Masjid Muhammad Cheng Hoo yang berada di Jl. Gading, Surabaya. Bangunan ini merupakan contoh bentuk dari....
A. Asimilasi
B. Akulturasi
C. Difusi
D. Evolusi
E. Inovasi
Jawaban: B

7. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) melalui institusi pendidikan
(2) melalui kepala suku kepada rakyatnya
(3) melalui museum
(4) melalui padepokan
(5) melalui perkumpulan

Proses pewarisan budaya pada masyarakat tradisional adalah....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: D

8. Hal yang bisa menjadi penghambat dalam upaya mempertahankan integrasi nasional yaitu....
A. Meningkatkan ketakwaan
B. Sikap fanatisme berlebihan
C. Menjalin kerjasama antarsuku
D. Memperkuat integrasi
E. Memajukan kebudayaan nasional
Jawaban: B

9. Masalah keragaman budaya dapat menimbulkan konflik antardaerah dan suku bangsa. Usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi konflik keanekaragaman tersebut adalah....
A. Mengadopsi budaya luar (asing)
B. Menanamkan sikap antipati pada budaya lain
C. Mengembangkan sikap toleransi
D. Memupuk sikap primordialisme sejak dini
E. Menghilangkan perbedaan diantara individu
Jawaban: C

10. Perbedaan dialek antara pedagang yang menggunakan bahasa Jawa Ngoko (kasar) dengan keluarga Keraton yang menggunakan Jawa Kromo (halus) di daerah Yogyakarta, disebut....
A. Dialek temporal
B. Dialek regional
C. Dialek tinggi
D. Dialek serapan
E. Dialek sosial
Jawaban: E


11. Masyarakat suku Baduy selalu berpegang teguh pada tradisi leluhurnya, salah satunya pada ideologi mereka yang berbunyi Lojor heunteu beunang dipotong, pèndèk heunteu beunang disambung (panjang jangan dipotong, pendek jangan disambung).

Kalimat yang digaris bawahi merupakan tradisi lisan yang masuk ke dalam kategori....
A. Bahasa rakyat
B. Ungkapan tradisional
C. Pertanyaan tradisional
D. Puisi rakyat
E. Cerita rakyat
Jawaban: B

12. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Ukiran Pa’dadu yang terdapat pada rumah adat Tongkonan suku Toraja, memiliki makna sebagai peringatan kepada anak cucu agar tidak bermain dadu atau judi. Hal ini menunjukan seni ukir berfungsi sebagai....
A. Fungsi magis
B. Fungsi simbolik
C. Fungsi konstruksi
D. Fungsi penghormatan
E. Fungsi hias
Jawaban: B

13. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Gambar diatas menunjukan motif batik kriya seni dari daerah ....
A. Aceh
B. Bali
C. Sunda
D. Dayak
E. Yogyakarta
Jawaban: D

14. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) berbicara dengan suara keras
(2) menggunakan bahasa yang komunikatif
(3) terjadi dialog dengan santai namun ekspresif
(4) pesan dalam surat dituliskan secara resmi
(5) menggunakan tata bahasa yang baik dan benar

Ciri bahasa/dialek di perkantoran adalah....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: D

15. Penggunaan istilah-istilah seperti ada deh, nih ye, cewek (perempuan) atau cowok (laki-laki), lu (anda), gue (saya), merupakan contoh dialek....
A. gaul
B. sunda
C. remaja
D. banyumas
E. betawi
Jawaban: E

16. Perhatikan peta persebaran Bahasa Austronesia berikut!

Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Wilayah yang ditunjukan oleh nomor 3 adalah....
A. Polinesia
B. Mikronesia
C. Malaynesia
D. Melanesia
E. Indonesia
Jawaban: A

17. Seni adalah hasil karya sebuah masyarakat dan dinikmati oleh masyarakat. Hubungan antara karya seni dengan seniman atau masyarakat adalah....
A. masyarakat dapat mengkritik karya seni seseorang
B. seniman hanya menghasitkan nilai budaya yang terpinggirkan
C. senirnan menciptakan karya tentang kehidupan masyarakat
D. seniman sulit berkomunikasi dngan masyarakat penikrnat seni
E. seniman menghasilkan nilai seni yang sulit dipahami masarakat
Jawaban: C

18. Bahasa daerah kini mulai terkikis penggunaannya dikarenakan masyarakat yang menganggap bahwa bahasa internasional (bahasa asing) memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding bahasa daerah.
Pudarnya bahasa daerah tersebut diakibatkan.....
A. Kurangnya penerapan pelajaran bahasa daerah di sekolah
B. Kesenian pewarisan budaya yang melemah
C. Sikap fanatisme bangsa yang berlebihan
D. Kerasnya arus modernisasi
E. Pengaruh westernisasi dan gengsi sosial
Jawaban: E

19. Perhatikan gambar berikut!
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Kepercayaan masyarakat terhadap Keris yang dianggap memiliki kekuatan gaib disebut......
A. dinamisme
B. animisme
C. totemisme
D. politheisme
E. pantheisme
Jawaban: A

20. Setiap agama memiliki aturan-aturan tertentu yang mengikat penganutnya dalam menjalankan ajarannya. Namun demikian, di Indonesia penganut agama Islam Kejawen (Kejawaan) menggabungkan praktik keagamaannya dengan kebiasaan yang dilakukan agama lain, seperti berdoa dengan menggulakan sesaji, membakar kemenyan, dan bersemedi di tempat-tempat keramat. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan telah terjadi proses....
A. sinkretisme
B. politheisme
C. animisme
D. dinamisme
E. monoteisme
Jawaban: A

21. Sesuai dengan dasar negara Pancasila, Indonesia adalah negara yang memahami adanya Ketuhanan Yang Maha Esa. Masyarakat Indonesia mengenal 5 agama, yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Buddha. Sejak masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, negara kita pun mengakui keberadaan Kong Hu Cu sebagai agama yang dianut oleh mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia. Berdasarkan ilustrasi di atas, yang merupakan dampak positif perilaku beragama bagi kehidupan sosial budaya masyarakat adalah ....
A. terciptanya keharmonisan hidup dan solidaritas sosial yang tinggi
B. menyatukan sesama ajaran agama di lndonesia
C. pendorong fanatisme yang berlebihan
D. sikap meninggikan atau mengagungkan agama tertentu
E. perilaku intoleran terhadap ritual agama tertentu
Jawaban: A

22. Perbedaan agarna bumi/alam dengan agama wahyu berdasarkan karakteristiknya adalah ....
Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap

Jawaban: C

23. Indonesia adalah negara yang mengakui keberagaman agama dan kemerdekaan untuk menganut agama yang berbeda-beda. Salah satu upaya untuk menghadapi keberagaman agama adalah ....
A. meningkatkan keamanan di tempat tinggal masing-masing
B. pemeluk agama merasa setiap agama intinya sama
C. pemeluk agama memelihara solidaritas sosial
D. menganggap agamanya paling benar dengan agama lain
E. menciptakan fanatisme yang berlebihan terhadap agamanya
Jawaban: C

24. Globalisasi telah merubah kehidupan masyarakat lndonesia, khususnya globalisasi di bidang teknologi seperti traktor, mesin cuci, dll. Dampak positif dari iptek tersebut adalah...
A. Adanya gaya hidup yang konsumtif
B. Memperbanyak devisa negara
C. Memperkuat solidaritas dalam masyarakat
D. Membuat aktivitas rnenjadi lebih efisien
E. Mampu mengikuti fashion dunia
Jawaban: D

25. Perkembangan iptek yang begitu cepat berdampak kepada perubahan di segala bidang kehidupan baik yang bersifat positif maupun negatif. Dampak negatif iptek di bidang sosial budaya adalah....
A. penggunaan alat komunikasi dan informasi modern di ruang terbuka
B. munculnya gaya hidup konsumtif di segala lapisan masyarakat
C. adanya peningkatan etos kerja dikalangan pegawai negeri sipil
D. eksport barang jadi meningkat pesat karena perbaikkan produksi
E. munculnya paham solidaritas yang tinggi di antara masyarakat
Jawaban: B

26. Iptek terus berkembang seiring dengan perkembangan yang terjadi pada kebudayaan suatu masyarakat. Sebagai contoh pengaruh iptek di bidang pertanian adalah ....
A. melakukan pembakaran hutan bersama-sama
B. sistem pengairan sawah dengan metode terrasering
C. mengadakan upacara untuk menghormat Dewi Sri
D. membeli pupuk tanam di Koperasi Unit Desa
E. petani mengerjakan sawah dengan anaknya
Jawaban: B

27. Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat antara lain dipengaruhi oleh perkembangan iptek yang begitu cepat. Sehingga kebutuhan masyarakat lebih mudah didapat. Tidak menutup kemungkinan pihak produsen berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segala cara agar barang-barang yang diproduksi laku dipasaran. Dalam hal ini contoh perilaku konsumen untuk menghargai hasil karya iptek adalah....
A. tidak membeli barang-barang produksi lokal
B. tidak perlu memenuhi kebutuhan primer
C. hanya membeli benda-benda yang dibutuhkan
D. hanya membeli barang yang berteknologi tinggi
E. tidak mernbeli barang-barang bajakan
Jawaban: E

28. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Data dari penelitian lapangan
(2) Titik berat perhatian harus pada pandangan emik
(3) Studi kasus digunakan untuk memahami bentuk-bentuk tertentu
(4) Menggunakan data kuantitatif saja
(5) Analisis bersifat empiris

Ciri-ciri studi etnografi adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A

29. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Seminar
(2) Pagelaran
(3) Artikel
(4) Makalah
(5) Majalah

Yang merupakan cara untuk mengomunikasikan hasil studi ethnografi yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C

30. Perhatikan topik studi ethnografi berikut!
“Generasi Muda Kurang Tertarik terhadap Kesenian Tradisional”
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah....
A. Siapa yang kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
B. Apakah generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
C. Bagaimana agar generasi muda tertarik terhadap kesenian tradisional?
D. Mengapa para generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
E. Kapan generasi muda kurang tertarik terhadap kesenian tradisional?
Jawaban: D

31. Seorang pengamen ingin meniru penampilan penyanyi terkenal dengan cara berdandan dan berpenampilan, serta bernyanyi seperti penyanyi terkenal tersebut. Hal ini merupakan salah satu faktor pendorong dinamika budaya yang disebut ....
A. identifikasi
B. motivasi
C. simpati
D. sugesti
E. imitasi
Jawaban: E

32. Kampung Naga merupakan suatu kampung yang mewarisi budaya leluhur. Di mana masyarakatnya terikat pada aturan yang telah ditetapkan untuk mensosialisasikan nilai-nilai, norma-norma yang berlaku yang diwariskan ke generasi berikutnya. Sarana pewarisan budaya ini adalah ....
A. lembaga pendidikan
B. lembaga hukum
C. lembaga adat
D. lembaga agama
E. lembaga ekonomi
Jawaban: C

33. Contoh dampak negatif adanya hubungan antarbudaya yang terdapat pada masyarakat Indonesia adalah ....
A. berkembang bahasa lokal sebagai akibat bertambahnya istilah-istilah
B. tumbuhnya kearifan budaya sehingga dapat memperkaya budaya
C. timbulnya konflik akibat perbedaan sistem nilai dan orientasi religi
D. dapat memperkaya keanekaragaman budaya-budaya daerah
E. dapat memperkuat bentuk budaya asli pada masyarakat tertentu
Jawaban: C

34. Beberapa ciri seni lukis:
(1). Meniru bentuk alam semirip mungkin
(2). Mengikuti emosi pelukis secara efektif
(3). Mengabstraksikan objek ke dalam bentuk geometri
(4). Mengungkapkan pengetahuan melalui garis

Yang termasuk ciri-ciri aliran seni lukis abstrak ditunjukkan nomor....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
Jawaban: E

35. Dialek merupakan versi bahasa yang memiliki perbedaan menurut cara penggunaannya, seperti contoh dialek Melayu, dialek Sunda Banten dan dialek Jawa Banyumas. Adapun faktor yang memengaruhi adanya keragaman tersebut adalah ....
A. tradisi turun temurun
B. kebudayaan yang berbeda
C. wilayah/tempat tinggal
D. komunitas masyarakatnya
E. sertifikasi sosial yang sama
Jawaban: A

36. Unsur-unsur kepercayaan :
(1). Di sekeliling tempat tinggal terdapat roh
(2). Adanya jiwa dalam benda-benda tertentu
(3). Upacara-upacara bertujuan mencapai kesatuan dengan Tuhan
(4). Percaya kepada satu Tuhan
(5). Kegiatan keagamaan ditujukan kepada Tuhan

Ciri-ciri unsur kepercayaan Monotheisme ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E

37. Perhatikan illustrasi berikut :
Upacara tradisional pada masyarakat Jawa Tengah seperti digerakkan kekuatan spiritual mereka saling bahu membahu membuat sejumlah ritual dan tradisi yang hakekatnya memohon keselamatan pada Tuhan Yang Maha Esa, seperti upacara Larung dengan menghanyutkan sesaji ke laut yang berupa hasil bumi. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa tradisi larung merupakan bentuk....
A. pujian-pujian yang dipersembahkan untuk roh leluhur
B. tradisi penghormatan pada pengauasa pantai
C. rasa syukur masyarakat akan hasil bumi yang mereka hasilkan
D. keyakinan yang terdapat pada masyarakat
E. kepercayaan tradisional masyarakat setempat
Jawaban: C

38. Perkembangan iptek membawa perubahan yang pesat dalam kehidupan manusia dan sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya, pengaruh iptek dalam pembentukan budaya mempunyai dampak negatif dan positif, seperti perkembangan teknologi informasi. Sebagai salah satu contoh anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain dengan gedget dibandingkan dengan permainan tradisonal. Dari contoh di atas dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi terhadap perkembangan budaya nasional adalah ....
A. memberikan kesempatan kepada semua masyarakat untuk mempelajari teknologi yang lebih canggih
B. menimbulkan sifat dan sikap ketergantungan pada teknologi sehingga menggeser nilai-nilai budaya
C. berkembang teknologi modern akan melestarikan nilai-nilai budaya asli Indonesia
D. melestarikan nilai-nilai budaya melalui teknologi canggih dapat menumbuhkan kreatifitas anak
E. timbulnya kreatifitas pada akhirnya dapat memadukan budaya tradisional dengan budaya modern
Jawaban: B

39. Contoh tradisi lisan dari suku Betawi yang masih dikenal sampai saat ini adalah ….
A. Pencak Silat
B. Musik Tanjidor
C. Tradisi Palang Pintu
D. Rumah Kebaya
E. Kerak Telor
Jawaban: C

40. Mayoritas agama mengajarkan pembinaan rasa kasih sayang, tolong-menolong dengan keikhlasan, hidup rukun, ikut meringankan beban bagi yang lemah, dan membina hubungan dengan sesama manusia secara harmonis. Hal tersebut menunjukan agama memiliki fungsi...
A. Fungsi pengendalian diri
B. Fungsi perlindungan
C. Fungsi pendidikan
D. Fungsi sosial
E. Fungsi fasilitasi
Jawaban: D

41. Dalam melakukan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, diperlukan berbagai sarana yang mendukung terlaksanya pewarisan tersebut. Tuliskan 5 sarana pewarisan budaya !
Jawaban: Beberapa sarana pewarisan budaya diantaranya :
1. Keluarga
2. Masyarakat
3. Sekolah
4. Lembaga pemerintah
5. Perkumpulan
6. Lingkungan kerja
7. Media masa

42. Bahasa lisan diungkapkan melalui media lisan, yang terikat oleh ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapannya dapat membantu pemahaman. Tuliskan 5 ciri-ciri dari bahasa lisan !
Jawaban: Ciri-ciri dari bahasa lisan diantaranya :
1. Kalimatnya pendek-pendek
2. Sering terputus-putus
3. Sahut menyahut berganti-ganti
4. Lagu kalimat berbeda-beda menurut situasi
5. Kadang digunakan dialog ya tidak akan dibenarkan dalam uraian biasa

43. Bahasa standar yang dijadikan bahasa Nasional sesungguhnya berasal dari dialek yang didukung oleh faktor kesusastraan, ekonomi dan politik. Tuliskan 4 jenis dari dialek !
Jawaban: Empat jenis dialek :
1. Dialek regional
2. Dialek social
3. Dialek temporal
4. Dialek tinggi

44. Sebagai cabang subdisiplin linguistik terutama sosiologi linguistik dialektologi mengkaji variasi-variasi bahasa atau dialek-dialek. Sebutkan dan jelaskan 3 metode penelitian dialektologi !
Jawaban:
1. Enquete adalah proses pengumpulan data tertulis yang bersifat umum
2. Rekaman Informan adalah informan yang berfungsi sebagai data lisan yang bersifat  khusus
3. Metode Perbandingan adalah kosa kata sebagai inter disiplin dengan liguistik sejarah dan perbandingan

45. Kebudayaan merupakan bentuk adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Oleh karena itu jika berubah maka kebudayaan tersebut juga berubah. Terjadinya perubahan kebudayaan tersebut dinamakan dinamika budaya. Jelaskan karakteristik dari dinamika budaya tersebut !
Jawaban: Kehidupan manusia tidak terlepas dari perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut antara lain perubahan lingkungan fisik, lingkungan biologis, serta lingkungan sosial. Terjadinya perubahan-perubahan tersebut menyebabkan seluruh makhluk hidup termasuk manusia perlu melakukan penyesuaian dengan lingkungannya agar dapat mempertahankan hidup dan memenuhi kebutuhan hidup yang diperlukan. Penyesuaian diri terhadap perubahan lingkungan ini dinamakan suatu tindak adaptasi. Ada tiga cara mahluk hidup dalam melakukan adaptasi, yaitu : adaptasi fisiologi, adaptasi morfologi dan Adaptasi perilaku.

Demikian Soal USBN Antropologi SMA Paket Utama Lengkap pada kesempatan kali ini, semoga dapat membantu dalam menghadapi USBN yang akan datang.

Post a Comment