Contoh Soal PG + Essay Seni Budaya Kelas 12 Kurikulum 2013 Part 2
Pendidikan melalui mata pelajaran Seni Budaya ini pada hakekatnya merupakan proses pembentukan manusia melalui seni. Pendidikan Seni Budaya secara umum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan setiap peserta didik menemukan pemenuhan dirinya (personal fulfillment) menjadi pribadi yang utuh.Melalui aktivitas pembelajaran seni budaya, kalian sebagai peserta didik difasilitasi untuk memperluas kesadaran sosial dan dapat digunakan sebagai jalan untuk menambah pengetahuan.
Contoh Soal PG + Essay Seni Budaya Kelas 12 Kurikulum 2013 Part 2 ini merupakan soal kelanjutan dari Contoh Soal PG + Essay Seni Budaya Kelas 12 Kurikulum 2013 dengan materi yang sama diambil dari Bab 2 dan 3.
Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal PG + Essay Seni Budaya Kelas 12 Kurikulum 2013 Part 2 dimulai dari nomor 101.
101. Mengapa perencanaan dianggap sebagai hal yang paling pentin dalam pelaksanaan pergelaran musik?
Jawaban: langkah pertama yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan pergelaran adalah membuat perencanaan. Hal tersebut penting, karena perencanan yang telah disusun dapat dijadikan pedoman yang dapat mengarahkan kepada pelaksanaan (panitia) agar dapat bekerja sesuai dengan rel yang ditentukan.
102. Apa fungsi hasil evalusi?
Jawaban: hasil evaluasi dapat dipergunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan serupa pada masa masa yang akan datang.
103. Kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang….
Jawaban: harmoni
104. Unsur pendukung musik meliputi tempo, dinamik dan….
Jawaban: gaya
105. Jenis dan ukuran tulisan, gambar dan hiasan, serta background nya harus disesuaikan dengan tema dan….
Jawaban: tempat pergelaran
106. Penampilan tema pergelaran harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak mengganggu….
Jawaban: pelaksanaan pergelaran
107. Bentuk dan besarnya tulisan serta warna yang digubakan hrus disesuaikan dengan….
Jawaban: dekorasinya
108. Sebelum acara dimulai terlebih dahulu harus dibuat … yang akan disuguhkan kepada penonton,
Jawaban: rancangan susunan acara
109. Pada evaluasi proses, guru keseniaan berperan sebagai….
Jawaban: pembimbing
110. Dengan dekorasi yang baik dan sesuai dengan tema yang ada, maka suasana akan tampak lebih terkesan dan dapat membawa pada situasi yang….
Jawaban: menggembirakan
111.Siapa yang berperan sebagai pembimbing ketika diadakan pergelaran musik?
Jawaban: guru kesenian
112. Tema apa yang paling baik digunakan dalam pergelaran musik di sekolah?
Jawaban: pendidikan
113. Di manakah pergelaran musik dilaksanakan di sekolah?
Jawaban: di aula
114. Siapa yang bertugas membuat proposal ketika diadakan pergelaran musik?
Jawaban: sekretaris
115. Sering disebut apakah latar belakang panggung?
Jawaban: background
116. Sarana apakah yang paling penting dalam semua acarapentas?
Jawaban: panggung
117. Siapakah yang bertugas masalah keuangan dalam pertunjukan musik?
Jawaban: bendahara
118. Siapa pihak yang bertugas menampilkan karya musik ketika diadakan pergelaran musik di sekolah?
Jawaban: siswa
119. Sarana apa yangberfungsi sebagai penerang dalam pergelaran musik?
Jawaban: lampu
120. Termasuk media apakah brosur dan pamphlet yang digunakan sebagai penyebar informasi sebelum pergelaran musik dilaksanakan?
Jawaban: media cetak
121. Ritme atau irama, yaitu gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya…
Jawaban: guru kesenian
122. Melodi, yaitu naik turunnya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan…
Jawaban: tinggi rendahnya nada
123. Substansi dasar dari musik adalah….
Jawaban: bunyi
124. Harmoni, yaitu hal yang berhubungan dengan keselarasan paduan….
Jawaban: bunyi
125. Tangga nada, yaitu urutan nada yang disusun secara….
Jawaban: berjenjang
126. Procenium, adalah salah satu bentuk….
Jawaban: panggung
127. Panggung merupakan sarana pergelaran yang paling penting, oleh karena itu perlu diadakan….
Jawaban: setting panggung
128. Setting panggung untuk masing-masing pergelaran tidak sama, tergantung dari …. Yang akan dipentaskan.
Jawaban: materi
129. Setting panggung untuk paduan suara … dengan setting untuk ansamble musik atau yang lainnya.
Jawaban: berbeda
130. Tempat pergelaran dapat dilaksanakan di dalam maupun …. Ruangan.
Jawaban: di luar
131. Kombinasi beberapa tinggi nada dari iramaakan menghasilkan….
Jawaban: melodi
132. Apabila pergelaran musik dilakukan di aula sekolah yang sudah memiliki panggung, maka perlu….
Jawaban: didekorasi atau hiasan
133. Mengapa panggung memerlukan perhatian khusus?
Jawaban: panggung memerlukan perhatian khusus, dikarenakan sebelum acara dimulai perhatian seluruh pengunjung/ penonton terfokus atau terpusat di panggung.
134. Sebutkan tiga unsur pendukung musik!
Jawaban: unsur pendukung musik meliputi, tempo, dinamik, dan gaya.
135. Berilah penjelasan tentang ruang pergelaran sesuai pemahaman anda!
Jawaban: ruang pergelaran meliputi pangung untuk kegiatan pentas, ruangan untuk penonton atau pengunjung, ruang ganti pakaian atau rias, ruang transit, ruang konsumsi, dan ruang panitia.
136. Sebutkan hal-hal perlu dimasukkan dalam rancangan acara!
Jawaban: hal-hal yang perlu dimmasukkan dalam rancangan acara yaitu durasi (lamanya acara), pola acara, variasi acara, dan puncak acara.
137. Jelaskan hal-hal yang dilakukan guru kesenian dalam evaluasi proses!
Jawaban: pada evaluasi proses, guru kesenian sebagai pembimbing memberikan catatan-catatan kecil yang ditunjukkan kepada setiap angota panitia, yaitu meliputi cara kerja panitia, kekompakan kerja panitia, kedisiplinan dan kerja sama masing-masing personil panitia.
138. Apa yang dimaksud evaluasi hasil?
Jawaban: evaluasi hasil merupakan evaluasi terhadap hasil yang diperoleh secara keseluruhan dari kegiatan pergelaran tersebut.
139. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan pergelaran!
Jawaban: dalam mempersiapkan pergelaran hendaknya memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan penataan ruang pergelaran, yaitu tentang dekorasi, pencahayaan (lighting), sound system dan penampilan tema.
140. Sebutkan bentuk-bentuk panggung!
Jawaban: ada beberapa bentuk panggung yang bisa digunakan untuk pergelaran, di antaranya adalah bentuk proscenium, bentuk tapal kuda, atau bentuk arena.