Table of Content

Usaha Catering Sehat Dengan Modal Dibawah 15 Juta? Berikut Rinciannya

Usaha catering banyak dipilih karena bisnis ini sangat profitable dan dibutuhkan banyak orang. Bagi orang yang tidak ingin memasak maka catering banyak dipilih sebagai solusi saat ada acara hajatan.

usaha catering
usaha catering

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa menyiapkan modal sebesar 10 juta untuk membeli bahan dan peralatan. Dari uang tersebut tentunya perlu perhitungan terkait apa saja yang diperlukan untuk dibeli. 

Setelah membeli semua peralatan dan barang maka kamu tinggal menyiapkan tips untuk memulai usahanya. Dengan tips ini nantinya kamu bisa meraup keuntungan sesuai keinginan. 

#1. Perhitungan Modal dan Keuntungan

Dari modal 10 juta ini perlu diperinci agar bisa sesuai dana yang telah dimiliki. Setelah menghitung modal bisa dilanjutkan dengan mengkalkulasi keuntungan meskipun hanya asumsi. 

1. Perhitungan Modal

Bagi kamu yang mau mencoba usaha catering sehat, berikut perhitungan modal secara rinci:

Barang / peralatanHarga 
Box tempat makan (100 pcs) 600.000
Kompor gas dua tungku400.000
Sendok dan garpu100.000
Stiker logo400.000
Beras 400.000
Ayam 500.000
Minyak goreng250.000
Sayur 250.000
Bumbu dapur 400.000
kerupuk250.000
Air mineral200.000
Bahan lain250.000
Gaji karyawan (2 orang) 2.000.000
Listrik, gas dan transportasi3.750.000
Total 10.000.000

Perhitungan di atas dihitung jika dalam satu pesanan jumlahnya sebanyak 400 box. Sehingga jika pesanan lebih dari itu maka bisa kamu kalkulasikan sendiri berapa modal yang dibutuhkan. 

2. Perhitungan Keuntungan

Untuk perhitungan keuntungan dihitung jika dalam 1 box makanan dijual seharga 30.000. Maka berikut perhitungan yang bisa kamu perhatikan dari tabel berikut:

Rincian Total 
Pendapatan 400 x 30.000 = 12.000.000
Keuntungan 12.000.000 - 10.000.000 = 2.000.000

Perhitungan diatas diasumsikan jika pesanannya mencapai 400 box. Sehingga jika dalam sebulan kamu dapat orderan 1000 box maka keuntungan 2,5 kali lipat dari perhitungan di atas. 

#2. Tips Sukses Berbisnis Catering Sehat Rumahan

Apalah gunanya punya modal 10 jutaan jika usaha tersebut tidak didasari dengan tips jitu. Untuk memaksimalkan keuntungan, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat menjalankan usaha ini:

1. Riset Pasar

Untuk menjalankan bisnis catering sebaiknya kamu melakukan riset pasar di daerah yang akan di bangun usaha. Bentuk riset bisa dari minat makanan seseorang, harga per box, penyajian dan yang lainnya.

Proses seperti ini penting diketahui agar kamu bisa menyesuaikan dengan makanan yang disukai banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa harga patokan standard per boxnya. 

Meski terlihat sepele namun hal seperti ini perlu dilakukan. Sebab harga yang standar dengan kualitas lebih baik bisa mendatangkan banyak konsumen. Dengan seperti ini maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. 

2. Menentukan Brand

Untuk menjalankan usaha catering, kamu juga bisa memulai dengan menentukan brand. Proses ini perlu dilakukan agar kamu bisa menentukan apa nama usaha sekaligus menempelkan pada box. 

Saat proses pembuatan brand jangan lupa untuk menuliskan kontak yang bisa dihubungi. Dengan seperti ini maka konsumen lain bisa menghubungimu saat akan memesan makanan. 

Untuk nama brand, sebaik gunakan yang mudah diingat dan sertakan juga logonya. Proses ini dilakukan agar brand ini mudah diingat oleh konsumen baik pada nama atau logo yang telah dibuat. 

3. Mencari supplier bahan makanan yang tepat

Bahan makanan merupakan biaya paling besar saat kamu menjalankan usaha catering. Untuk itu, kamu bisa mencari supplier terbaik agar nantinya bisa mendapatkan harga terbaik. 

Untuk proses pencarian supplier bisa dilakukan baik secara online atau offline. Dalam pencarian sebaiknya selain murah juga dalam satu toko tersedia beragam bahan yang dibutuhkan. 

Hal ini dilakukan agar kamu tidak pindah-pindah ke toko bahan kue lain untuk membeli bahan-bahan yang ada. Sehingga proses pembelian bisa lebih efisien, cepat dan mudah. 

4. Utamakan rasa dan kualitas

Sebagai pebisnis baru sebaiknya kamu lebih mengutamakan rasa dan kualitas terlebih dahulu. Proses ini dilakukan untuk menarik konsumen sebanyak mungkin berbagai makanan yang kamu jual.

Maka dari itu penyajian dan kemasan harus bersih dan rasa makanannya enak untuk semua orang. Dengan cara seperti ini maka konsumen akan suka dan terus melakukan repeat order. 

5. Promosi Secara Online

Promosi secara online bisa menjadi opsi terbaik untuk menjangkau lebih banyak orang. Proses ini bisa dilakukan dengan masuk ke grup tertentu yang ada di daerah atau kota kamu. 

Dalam promosinya kamu bisa memberikan diskon hingga sekian persen dengan minimal order sekian box. Kamu bisa pasang harga promo di bawah standar agar konsumen tertarik untuk memesan. Namun perhitungan harga tersebut bukan dijual rugi tetapi cukup dengan laba sedikit terlebih dahulu. 

6. Pelayanan Optimal

Pelayanan yang maksimal juga bisa menjadi tips terakhir dalam menjalankan usaha catering. Bentuk pelayanan bisa dalam bentuk melayani dengan ramah, memberikan senyuman dan yang lainnya.

Pelayanan seperti ini membuat orang segan dan bukan tidak mungkin akan order lebih banyak. Proses ini tidak hanya dilakukan ketika bertatap muka tetapi saat pemesanan lewat online. 

Secara keseluruhan dengan modal 10 juta, kamu sudah bisa membuka usaha catering. Bahkan penghasilan yang bisa diraup hingga jutaan rupiah dalam setiap sekian ratus box. 

Jika kamu kekurangan dana maka bisa meminta uang muka terlebih dahulu kepada konsumen. Proses ini sebagai bentuk perjanjian jika konsumen ini serius dalam order makanan tersebut. 

Post a Comment