Table of Content

Belajar Buat Sound of Text Bahasa Jawa dan Madura dengan Logat Natural

Ingin mempunyai nada dering WhatsApp dengan bahasa Jawa? Tentunya akan terdengar unik dan menarik. Hal ini sangat mudah dilakukan mengingat perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin canggih dan terus berkembang. Dengan adanya sound of text kamu bisa membuat nada dering sesuai keinginan kamu, termasuk nada dering bahasa Jawa.

App untuk Sound of Text Bahasa Jawa dan Madura
App untuk Sound of Text Bahasa Jawa dan Madura

Namun, untuk membuat nada dering bahasa Jawa kamu harus mengubah teks atau kalimat menjadi bahasa Jawa terlebih dahulu. Sebab, sound of text umumnya menyediakan bahasa internasional seperti sound of text bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan lain-lain. Meski demikian kamu tak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tentang cara membuat nada dering dengan bahasa Jawa secara lengkap.

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Bahasa Jawa Melalui Aplikasi Sound of Text

Cara membuat nada dering bahasa Jawa yang pertama, kamu bisa menggunakan sound of text yang bisa diakses melalui ponsel secara langsung atau melalui PC. Penggunaan situs ini sangat mudah dan kamu bisa menggunakannya secara gratis. Berikut langkah lengkap untuk membuat nada dering WhatsApp bahasa Jawa.

Nama AplikasiSound of Text Jawa
DeveloperVoiceoftext.com
Ukuran file609 KB
Versi terbaru1.0 (20 Juli 2022)
Link Download[Unduh]
APK Sound of text Jawa Pro
  • Langkah 1: Pertama, klik link download APK sound of text diatas, install dengan mengizinkan install aplikasi dari sumber tidak dikenal, lalu buka aplikasi tersebut
  • Langkah 2: Silakan isikan teks atau kalimat yang akan diubah menjadi suara dalam bahasa Jawa
  • Langkah 3: Setelah itu, pada bagian voice, kamu bisa pilih Javanese (Japan).
  • Langkah 4: Klik submit, dan tunggu proses konversi sampai selesai.
  • Langkah 5: Setelah proses konversi selesai, kamu bisa klik play untuk mendengarkan hasilnya. Jika sudah sesuai kamu bisa lanjutkan dengan klik download. Namun, jika belum sesuai silahkan ulangi kembali di langkah kedua.
  • Langkah 6: Tunggu sampai proses download selesai, nantinya file audio akan tersimpan secara otomatis pada perangkat yang kamu gunakan.

Untuk suara atau audio yang dihasilkan akan sangat unik, karena tidak murni bahasa Jawa melainkan ada perpaduan bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan bahasa Jawa merupakan bahasa lokal, sehingga hasilnya akan seperti logat orang Jepang yang belajar bahasa Jawa, sangat unik dan menarik.

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Bahasa Jawa Melalui Voice of Text

Cara kedua untuk membuat nada dering bahasa Jawa adalah melalui Voice of Text. Cara menggunakannya cukup mudah hampir sama dengan Sound of Text, berikut langkah-langkah lengkapnya yang bisa kamu ikuti:

Buat Sound Of Text Jawa Di Voiceoftext
Buat Sound Of Text Jawa Di Voiceoftext
  • Langkah 1: Pertama buka browser lalu kunjungi https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-javanese.html 
  • Langkah 2: Kemudian di kolom voice, silahkan bisa dipilih Javanese (Indonesian).
  • Langkah 3: Lalu pada kolom text, kamu bisa isikan teks atau kalimat yang akan diubah menjadi nada dering bahasa Jawa.
  • Langkah 4: Kemudian klik convert to voice, dan tunggu proses konversi teks menjadi suara selesai.
  • Langkah 5: Klik download untuk menyimpan hasil konversi audio.
Kelebihan dari sound of text bahasa Jawa dan Madura menggunakan tools voiceoftext.com diatas adalah logatnya yang terdengar lebih natural karena dibuat menggunakan text to speech engine milik Google Translate yang sudah sejak lama mendukung bahasa Jawa alias Javanese (indonesian).

Selanjutnya, kamu dapat memasang mp3 bahasa Jawa diatas menjadi nada dering dengan mengikuti tutorial cara ganti nada dering WA di artikel kami sebelumnya. Selamat mencoba!

Post a Comment