Table of Content

Sound of Teks dan Aplikasinya di Berbagai Platform Digital

Ada banyak sekali daftar aplikasi sound of teks. Salah satu bentuk dari pengaplikasian teknologi AI ini banyak jadi opsi mereka yang ingin menggantikan peran manusia sebagai pengisi suara.

sound of teks dan aplikasinya
sound of teks dan aplikasinya

Sound of teks banyak dimanfaatkan untuk pengganti pengisi suara video, pengisi pengumuman, alarm, nada dering, hingga kebutuhan komersial seperti iklan. Dalam tulisan ini, kami akan mengulas beragam jenis sound of teks mulai dari saunders of text hingga

Apa Itu sound of teks?

Sound of teks atau istilah resminya text to speech adalah teknologi yang dapat mengubah teks menjadi suara. Keunggulan dari teknologi ini, kita bisa memilih jenis suara yang ingin dipakai, bahasa dan ada pula sound of teks tipe meniru suara.

Sekilas Aplikasi Sound Of Teks Dari Google Translate
Sekilas Aplikasi Sound Of Teks Dari Google Translate

Berikut ini adalah beberapa aplikasi sound of teks yang akan kami sebutkan dalam 4 jenis kategori. Yaitu aplikasi yang berbayar atau premium, gratis, sound of teks untuk ponsel, dan PC atau komputer.

Aplikasi sound of teks Gratis

Sebenarnya, hampir semua sound of teks yang ada saat ini, gratis dipakai. Tapi itu untuk akses awal, atau masa percobaan saja. Ada juga yang aksesnya dibatasi. Sebagian lagi ada yang memang sepenuhnya gratis tanpa harus bayar.

Dan berikut adalah yang sepenuhnya gratis digunakan dan langsung dapat seluruh fitur yang ditawarkan.

1. Soundoftext.com

Merupakan tool online yang memiliki satu tugas sederhana, yaitu mengubah teks menjadi suara robot Google dalam berbagai bahasa. Anda bisa memakai sebanyak apapun yang Anda mau tanpa terkena batasan. Buka: Sound text

2. Voiceoftext.com

Sama dengan soundoftext.com, hanya saja di sini tersedia bahasa daerah Indonesia, yaitu Jawa dan Sunda. Dalam satu kali konversi, kita bisa memasukkan 200 karakter. Jika masih kurang, lakukan di perintah berikutnya. Tanpa batas percobaan, dan ini gratis, aman, 100% menjaga privasi. Buka: Sound of text wa

3. Botika Text to Speech

Suara yang dihasilkan mirip dengan suara-suara pengumuman yang pernah Anda dengar di tempat umum. Kita bisa pilih suara wanita atau pria, dan pilih bahasa apapun di seluruh dunia. Buka: Botika TTS

Selain 2 di atas, ada banyak lagi text to speech gratis. Tapi ada pembatasan penggunaan atau pembatasan fitur, selebihnya gratis. 

Wideo Suara Pramugari
Wideo Suara Pramugari

Aplikasi sound of teks Berbayar atau Premium

Yang berbayar sudah pasti bagus. Kalau tidak begitu, tidak seharusnya membuat layanan yang diperjual belikan. 

1. Google Text to Speech

Salah satu produk Google Clouds yang saat ini memiliki penawaran gratis 90 hari percobaan atau kredit 300 dollar untuk dibelanjakan pada produk text to speech. Tapi selebihnya berbayar. Anda bisa melihat demo dari text to speech Google di halaman utama text to speech. Ada banyak opsi menarik ditawarkan mereka.

Tersedia suara neural2, opsi suara bayi, suara studio, suara kustom, personalisasi tinggi nada suara hingga 20 semitone, dukungan teks SSML dsn lain-lain. 

2. Speechify

Anda memiliki akses gratis selama 3 hari sebelum memutuskan untuk berubah ke premium atau tidak. Tersedia untuk Android dan iOS. Speechify cocok dimiliki oleh siswa, individu yang sibuk, penulis, editor lepas dan penderita disleksia. 

Anda bisa mengubah file dalam bentuk dokumen untuk dibacakan dalam kualitas yang baik, mudah dipahami, cukup akurat, bahkan untuk bacaan yang sulit pembacaannya. Anda juga dapat mentranslate bacaan ke bahasa tertentu secara otomatis, mendukung puluhan bahasa, dan batas teks yang dapat diubah ke suara maksimal 150 ribu kata. 

3. Natural Reader

Text to speech berbasis cloud, yang dapat mengubah beberapa file dokumen seperti doc, PDF, dan TXT, ODT, PNG, JPG dan lain-lain, menjadi suara yang mirip manusia. Anda bisa upload file-file tersebut dari cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, Onedrive dan lain-lain. 

Karena ia dalam bentuk cloud, Anda bisa mengaksesnya dari mana saja. Entah itu tablet, ponsel, laptop, komputer dan lain-lain. Anda bisa mengubah teks dalam 56 bahasa berbeda menjadi suara. 

Aplikasi sound of teks di HP

Berikut adalah beberapa aplikasi pengubah teks menjadi suara di perangkat Android ataupun iOS yang bisa Anda gunakan gratis atau berbayar.

1. Botika Text to Speech: cocok untuk digunakan mengubah teks ke suara untuk tujuan komersial.

2. Google Text to Speech: tersedia untuk Android, ia terintegrasi dengan Asisten Google, mendukung berbagai bahasa dan sudah menggunakan Neural2.

3. IVONA: tersedia untuk Android, gratis digunakan dan bisa untuk membacakan email, pesan SMS dan yang berbau teks lainnya.

4. Speechify: tersedia di Android dan iPhone,  hasil suara mirip manusia, dan aplikasi ini dirancang untuk membantu mereka yang memiliki kesulitan membaca. Tapi Anda juga bisa memakainya untuk tujuan membantu pekerjaan yang ada kaitannya membaca teks.

Aplikasi Android sound of teks PC

Software berikut ini dapat membaca teks-teks Anda dalam suara keras, mendukung berbagai bahasa, atau mengubah sebuah file dokumen menjadi suara dalam format audio.

1. Balabolka: adalah software untuk Windows yang dapat mengubah teks ke suara dalam berbagai bahasa. Ini adalah software gratis dengan layanan yang cocok untuk dijadikan berbayar. Tapi kita bisa dapatkan secara gratis.

2. Natural Reader: bisa diakses dimana saja, tak terkecuali perangkat komputer Anda.

3. Zabaware Text to Speech: bisa untuk baca dokumen, email, halaman website, konten clipboard (yang Anda copy paste), dan lain-lain. Bisa juga disimpan dalam format audio seperti mp3, atau transfer suara ke CD audio.

4. Amazon Polly: adalah layanan text to speech milik Amazon. Ia bisa digunakan gratis tapi dalam jumlah terbatas. Selebihnya berbayar.

Demikian adalah aplikasi-aplikasi text to speech atau sound of teks yang dapat Anda gunakan secara gratis ataupun berbayar di berbagai perangkat, ponsel ataupun PC. 

Post a Comment